Pejuang Online !

Blog para Pejuang Online !

Riset Keyword

RISET KEYWORD

PENGERTIAN RISET KEYWORD

Riset Keyword adalah Proses mengumpulkan keyword / kata kunci.

Keyword atau Kata Kunci adalah kata-kata yang orang ketikkan di Google ketika mencari sesuatu (bisa barang atau jasa).

Riset Keyword

Jadi, pertama kali yang harus dilakukan ketika ingin berjualan online adalah riset keyword. Kumpulkan sebanyak mungkin keyword / kata kunci yang berhubungan dengan barang atau jasa yang akan Anda jual. Bisa sinonim, jenis, ukuran, warna, rentang harga dan lain-lain.

TOOLS UNTUK RISET KEYWORD

Ada banyak tools untuk membantu kita mengumpulkan keyword. Yang biasa saya gunakan adalah : (1) Google Keyword Planner dan (2) Keywordshitter.

Misal Anda ingin menggunakan tools lainnya juga tidak apa-apa. Asal tau cara menggunakannya dan meringankan pekerjaan Anda.

  1. Google Keyword Planner

Buka browser Anda (Google Chrome / Firefox), ketikkan “Google Keyword Planner”. Akan muncul

Riset Keyword - Google Keyword Planner

Klik lalu Sign In

atau klik ini saja biar cepat https://adwords.google.com/KeywordPlanner 😀

Ini sebagai contoh saja, salah satu website gratisan yang saya kelola (kerja sama dengan teman) http://pabrikpayungpromosi.blogspot.com. Nanti untuk yang masih baru belajar, kita buat yang sederhana saja. Yang penting jualan dulu, closing dulu. Masalah tampilan yang bagus belakangan saja. 😀

Eh kalau jualan pakai SEO tidak langsung closing seh.. biasanya butuh waktu untuk optimasi sekitar 3 bulan rata-rata baru menghasilkan. Namun setelah itu, tinggal nikmatin jadi CS sambil sedikit-sedikit terus dioptimasi ^_^ (kecuali yang masih sedikit persaingan)

Lanjut ya ke Google Keyword Planner

Karena saya jual payung dan fokusnya grosiran, saya masukkan kata “grosir payung”, Penargetan Indonesia, Indonesia, Google lalu klik Dapatkan Ide.

Riset Keyword - Google Keyword Planner

Klik Penelusuran bulanan rata-rata untuk mengurutkan dari yang terbesar. Lalu klik Unduh atau Download.

Riset Keyword - Google Keyword Planner

Anda sudah mendapatkan keyword yang banyak pencariannya di Google. Rename filenya dengan nama yang mudah diingat karena nama defaultnya panjang.

  1. Keywordshitter

Buka www.keywordshitter.com sudah? Ketikkan keyword utama di kolom yang paling besar. Lalu klik Shit Keywords. Tunggu hingga jumlah keywordnya tidak nambah lagi.

Riset Keyword - Keywordshitter

Jika dirasa cukup, klik Stop. Lalu Download.

Oh ya ketika proses mengumpulkan keyword dengan tool kedua masih berjalan, bisa sambil memasukkan negative filter misal nama merk kompetitor, harga atau yang lainnya.

Riset Keyword - Keywordshitter

  • ALASAN MENGGUNAKAN KEDUA TOOL DI ATAS

Saya menggunakan Google Keyword Planner karena dapat menunjukkan jumlah rata-rata pencarian masing-masing keyword per-bulan. Dari sana saya biasanya menggabungkan beberapa kata menjadi Url, Judul dan Deskripsi Website. Pakai yang jumlah pencariannya besar.

Sedangkan untuk Keywordshitter saya gunakan untuk mencari keyword turunan.

Misal jualan payung, ada beberapa jenis payung yang saya masukkan dalam kategori seperti payung promosi, payung golf, payung lipat, payung salur, payung polos, dan payung sablon. Masing-masing kategori payung tersebut, satu persatu saya masukkan ke keywordshitter.

Setelah dapat turunannya, saya pilah-pilah lagi mana yang cocok untuk dijadikan artikel utama dan artikel pendukung. Lebih jelasnya nanti ketika akan mengisi artikel website ^_^

“Silahkan Riset Keyword Anda”

Selanjutnya Baca Tips Membuat Url, Judul dan Deskripsi Website KLIK Di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pejuang Online ! © 2016 Frontier Theme